Jumat 09 Apr 2010 07:34 WIB

Sejarah Islam Tanpa Distorsi

Judul buku: Sejarah Islam Sejak Zaman Nabi Adam hingga Abad XX

Penulis: Ahmad Al-Usairy

Penerbit: Akbar Media

Cetakan: VII, 2009

Tebal: xiii+566 hlm

Sesungguhnya upaya kodifikasi sejarah Islam telah mengalami distorsi, baik di masa lalu maupun masa sekarang. Telah lama kaum Muslimin mengharapkan tulisan tentang sejarah Islam dalam bentuk yang bersih dari penyimpangan.

Buku karya Ahmad Al-Usairy ini merupakan jawaban atas kebutuhan tersebut. Penulis berupaya untuk mengumpulkan sejarah Islam yang bercerai-berai dan terserak dalam puluhan bahkan ratusan jilid buku, ke dalam sebuah buku yang sederhana dan lengkap.

Buku sejarah Islam ini membicarakan tentang sejarah Islam masa lampau, sejak zaman Nabi Adam AS yang diturunkan oleh Allah SWT ke dunia, lalu berlanjut dengan kisah para nabi yang mulia. Porsi yang terbesar adalah pembahasan tentang sejarah kehidupan Rasulullah SAW yang harum.

Kemudian  dilanjutkan dengan sejarah kebangkitan dan keruntuhan umat Islam dalam berbagai priode hingga saat ini. Yakni, masa pemerintahan Khulafaur rasyidin, 11-41 H/ 632-661 M; pemerintahan Bani Umayiah, 41-132 H/ 661-749 M; pemerintahan Bani Abbasiyah, 132-656 H/ 749-1200 M; pemerintahan Mamluk, 648-923/ 1250-1517 M; pemerintahan Utsman Modern, 923-1342 H/ 1517-1923 M; dan dunia Islam dewasa ini, 1420 H/ 2000 M).

Seperti ditegaskan penulis, buku ini berupaya membahas  secara keseluruhan semua fase sejarah Islam dengan metode yang mudah dicerna dan simpel. "Tujuan saya secara khusus adalah memberikan penjelasan tentang kondisi cemerlang kaum Muslimin di masa lalu dan sejarah mereka yang demikian indah dan memesona tatkala mereka berpegang teguh dengan agama mereka.

Juga, ketika mereka menerapkan semua ajaran Islam dan berjalan di atas manhajnya yang lurus. Selain itu, saya pun ingin memberikan penjelasan mengenai apa yang mereka alami pada saat ini. Yakni, ketika mereka terperosok dalam keterpecahan, kehinaan, kelemahan karena meninggalkan agama mereka dan menjauh dari manhaj Islam yang benar."

Buku ini sangat perlu dibaca oleh setiap Muslim. Dengan membaca ini, kita dapat menarik pelajaran amat berharga mengenai rahasia kejayaan kaum Muslimin, yakni selalu berpegang teguh pada ajaran Islam. Seperti pernah ditegaskan oleh Umar Ibnu Khaththab, "Kami adalah kaum yang Allah muliakan dengan Islam. Maka, jika kami menginginkan  kemuliaan selain dengan Islam, pasti Allah akan menghinakan kami."

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement