Ahad 22 Jan 2023 19:18 WIB

Land Of Wakaf Teras Lembang, Wisata Halal Berbasis Wakaf di Lembang

Hasil dari Land of Wakaf Teras Lembang digunakan lagi untuk kegiatan sosial

 Sinergi Foundation menginisiasi sebuah kawasan wisata halal berbasis wakaf berlokasi di Lembang, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Tangkuban Parahu Km 17 persis di depan Hotel Puteri Gunung. Kawasan wisata tersebut dinamakan Land Of Wakaf Teras Lembang.
Foto: Sinergi Foundation
Sinergi Foundation menginisiasi sebuah kawasan wisata halal berbasis wakaf berlokasi di Lembang, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Tangkuban Parahu Km 17 persis di depan Hotel Puteri Gunung. Kawasan wisata tersebut dinamakan Land Of Wakaf Teras Lembang.

REPUBLIKA.CO.ID, Lama berkiprah di dunia filantropi khususnya dalam pengelolaan dana wakaf. Sinergi Foundation tak henti melakukan inovasi pengembangan wakaf. Kini Sinergi Foundation menginisiasi sebuah kawasan wisata halal berbasis wakaf berlokasi di Lembang, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Tangkuban Parahu Km 17 persis di depan Hotel Puteri Gunung. Kawasan wisata tersebut dinamakan Land Of Wakaf Teras Lembang.

Land Of Wakaf Teras Lembang didirikan di atas tanah wakaf yang merupakan wakaf dari keluarga Mashudi, Mantan Gubernur Jawa Barat di Era 1960-1970.

Baca Juga

Tanah wakaf tersebut lantas menjadi kawasan dengan berbagai tawaran wisata di dalamnya yang dikembangkan oleh Sinergi Foundation selaku nadzhir (pihak pengelola wakaf).

Land Of Wakaf Teras Lembang menyajikan beberapa spot wisata halal bagi para pengunjung, di antaranya Arena Pacu Kuda dan Berpanah, Camping Ground, Kebun Strawberry, Kebun Anggrek, Kebun Pakcoy, Kedai Makanan Sunda (Opien Bandung), serta masjid dengan suasana sejuk berlatar pegunungan.

photo
Sinergi Foundation menginisiasi sebuah kawasan wisata halal berbasis wakaf berlokasi di Lembang, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Tangkuban Parahu Km 17 persis di depan Hotel Puteri Gunung. Kawasan wisata tersebut dinamakan Land Of Wakaf Teras Lembang. - (Sinergi Foundation)

Selain menikmati wisata yang tersedia, para pengunjung Land Of Wakaf Teras Lembang dapat menikmati spot-spot tersebut, pengunjung juga disajikan dengan pemandangan sejuk Gunung Putri yang terpampang tepat di belakang Teras Lembang.

Sebagai bentuk pengembangan Kawasan Land Of Wakaf Teras Lembang, pada akhir tahun 2022 lalu Sinergi Foundation kembali mengembangkan program Wakaf Produktif dengan membuat Rumah Makan Berbasis Wakaf yang dinamakan Rumah Makan Jenderal yang menyajikan menu berupa sambal bakar, liwetan dan sate, juga tidak ketinggalan menyejikan menu yang banyak diminati saat ini yaitu suki dan grill.

Sinergi Foundation berusaha untuk mengembangkan potensi wakaf yang mana manfaatnya tersebut dapat kembali digulirkan untuk kepentingan banyak orang.

Sama halnya dengan pengembangan seluruh wisata halal yang ada di Land Of Wakaf Teras Lembang, dimana menerapkan pengelolaan dengan menahan pokok wakaf lalu kemudian menyedekahkan hasilnya untuk kepentingan orang banyak.

Keuntungan yang didapatkan dari hasil wisata halal pengelolaan Land Of Wakaf Teras Lembang dialirkan kembali untuk pengembangan program-program sosial di Sinergi Foundation. Program sosial tersebut berupa pendidikan gratis Kuttab Al Fatih Cileunyi, layanan kesehatan gratis bagi ibu dhuafa di Rumah Bersalin Cuma-Cuma dan program sosial lainnya.

”InsyaAllah keuntungan dari usaha pengembangan wisata halal di Kawasan Land Of Wakaf Teras Lembang ini akan disalurkan untuk berbagai program sosial Sinergi Foundation, seperti pendidikan gratis Kuttab Al Fatih Cileunyi, dan akses kesehatan gratis di Rumah Bersalin Cuma-Cuma. Jadi kalau berbelanja di sini, sekaligus pula bersedekah,” ujar Asep Irawan, CEO Sinergi Foundation, dalam siaran pers.

Bagi masyarakat yang berkunjung ke Kawasan Land Of Wakaf Teras Lembang, tidak hanya dapat menikmati wisata yang telah tersedia disana, melainkan turut mendukung pengembangan program-program sosial yang di kelola oleh Sinergi Foundation.

Tidak hanya spot-spot wisata yang telah ada saat ini, untuk ke depannya Sinergi Foundation berencana untuk kembali mengembangkan spot-spot wisata lain di Kawasan Land Of Wakaf Teras Lembang tersebut.

Land of Wakaf Teras Lembang Sinergi Foundation sendiri merupakan kawasan wisata halal berbasis wakaf yang dikelola oleh lembaga non-profit Sinergi Foundation. Terdapat berbagai fasilitas yang ditawarkan, di antaranya kedai makanan sunda (opieun bandung), rumah makan jenderal, kebun anggrek, kebun stroberi, kebun sayuran, arena berpanah dan berkuda, arena camping ground serta tempat beribadah yakni Masjid Daarul Aulia Lembang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement