Rabu 21 Dec 2022 19:58 WIB

Baru Sembuh Pilek Kok Pilek Lagi? Ini Penyebabnya Menurut Ahli Penyakit Menular

Orang dewasa bisa kena pilek dua-tiga kali setahun, anak-anak malah bisa tiap bulan.

Rep: Santi Sopia/ Red: Reiny Dwinanda
Pilek (ilustrasi). Orang dewasa dapat kena pilek sekitar dua-tiga kali setahun.
Foto: www.freepik.com
Pilek (ilustrasi). Orang dewasa dapat kena pilek sekitar dua-tiga kali setahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kebanyakan orang dewasa terserang selesma (pilek) dua hingga tiga kali setiap tahun. Tetapi, ada dua alasan yang membuat seseorang bisa lebih sering sakit daripada kebanyakan orang, menurut para ahli penyakit menular.

Pada umumnya, frekuensi orang dewasa kena common cold akan bervariasi, bergantung seberapa sering mereka terpapar virus dan ketangguhan sistem kekebalannya. Ada orang yang merasa sakit sepanjang musim flu dan pilek, sementara yang lain baik-baik saja.

Baca Juga

"Untuk tiap orang, frekuensinya akan sangat bervariasi," kata Otto Yang, seorang profesor kedokteran di divisi penyakit menular dan mikrobiologi, imunologi genetika molekuler dari David Geffen School of Medicine at UCLA kepada Today, dikutip dari laman Insider, Rabu (21/12/2022).

Gejala pilek dapat berlangsung sekitar tujuh hingga 10 hari. Orang akan merasakan batuk, sakit tenggorokan, hidung meler, hidung tersumbat, sakit kepala, dan bersin.

Walaupun ada banyak virus berbeda yang dapat menyebabkannya, rhinovirus merupakan penyebab yang paling umum. Anak-anak cenderung lebih sering sakit daripada orang dewasa. Bagi mereka yang memiliki anak atau merawat anak juga bisa sering tertular.

Kepada Insider, Thomas Murray, dokter penyakit menular anak di Yale New Haven Children's Hospital, mengatakan anak-anak lebih mungkin sakit karena sistem kekebalan yang belum sepenuhnya berkembang. Anak-anak menghabiskan lebih banyak waktu di tempat ramai dengan anak-anak lain yang juga mudah terinfeksi.

"Anak-anak usia prasekolah dapat sakit hingga sebulan sekali, tetapi jumlah ini berkurang menjadi sekitar empat hingga enam kali per tahun setelah mereka cukup besar untuk mempraktikkan kebersihan tangan," kata Dr Frank Esper, spesialis penyakit menular anak di Cleveland Clinic, kepada Today.

Terpapar di tempat kerja

Murray mengatakan bahwa tempat seseorang bekerja dan bagaimana perilakunya dapat berkontribusi pada kemungkinan mengalami sakit. Misalnya, orang lebih kecil kemungkinan terinfeksi saat bekerja dari rumah daripada di tempat ramai.

Orang yang tidak mencuci tangan dan tetap dekat dengan orang bergejala, juga lebih mungkin terinfeksi. Paul Hunter, profesor kedokteran di Norwich Medical School di University of East Anglia, Inggris, mengatakan bahwa pergi bekerja dengan kereta yang padat juga dapat mempermudah penyebaran virus pilek.

Pilek umumnya disebabkan oleh aneka virus

"Setelah Anda terkena virus pilek, kesembuhan akan tergantung pada sistem kekebalan Anda," kata dia kepada Insider.

Salah satu alasan pilek begitu umum adalah karena penyakit itu disebabkan oleh "sejumlah besar virus". Tertular satu virus tidak berarti orang akan terlindungi dari virus yang lain.

Hunter, yang berspesialisasi dalam mendiagnosis, mengobati, dan mencegah penyakit menular, mengungkapkan bahwa jika seseorang sakit hari ini, maka ia akan mendapat perlindungan dari infeksi lain selama sekitar satu pekan setelahnya. Hal ini karena protein yang disebut interferon, yang merupakan bagian dari pertahanan tubuh melawan virus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement