Sabtu 06 Aug 2022 22:06 WIB

Hasilkan Foto Menakjubkan, Ini Perbedaan Teleskop James Webb dengan Pendahulunya

James Webb dinilai sebagai teleskop ilmiah paling berkembang dalam sejarah.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Qommarria Rostanti
Detail foto Nebula Carina yang diambil dengan instrumen teleskop James Webb. Teleskop James Webb memiliki perbedaan dengan teleskop pendahulunya, Hubble. (ilustrasi)
Foto: james webb
Detail foto Nebula Carina yang diambil dengan instrumen teleskop James Webb. Teleskop James Webb memiliki perbedaan dengan teleskop pendahulunya, Hubble. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Baru-baru ini, NASA mengungkapkan foto pertama mereka menggunakan James Webb Space Telescope (JWST). Foto-foto itu sangat menakjubkan untuk dilihat. 

JWST telah mengorbit selama hampir delapan bulan dari minimal 10 tahun yang diharapkan. Ketika NASA menerima banyak gambar dan informasi dari teleskop, jelas bahwa JWST adalah teleskop ilmiah paling berkembang dalam sejarah, dengan pekerjaannya yang penting dan tak tertandingi. 

Baca Juga

Teleskop ini memiliki beberapa perbedaan utama dan peningkatan dari pendahulunya yang terkenal, Teleskop Hubble. JWST telah meningkatkan kemampuan berbeda sebagai sebuah teleskop. Dengan begitu,  pengambilan data terobosan dari kosmos yang masih belum diketahui menjadi lebih mudah untuk diekstraksi. 

Berikut adalah sembilan perbedaan JWST dan Teleskop Hubble:

1. Berbeda misi

JWST mewakili ketinggian kosmik dan teknologi ilmiah, jadi masuk akal mengapa beberapa orang meremehkan pentingnya Teleskop Hubble. Saat membandingkan keduanya, penting untuk diingat bahwa misi kedua teleskop berbeda.

Tujuan Teleskop Hubble adalah untuk menangkap bintang dan galaksi yang jauh, namun teleskop tetap dekat di orbit bumi. Sementara JWST dimaksudkan untuk eksposur jangka panjang, dan pengambilan ruang angkasa dengan harapan dapat mengambil data tentang galaksi yang dipisahkan oleh tahun cahaya demi tahun cahaya.

2. Panjang gelombang

Menurut NASA, JWST mengkhususkan diri dalam panjang gelombang inframerah (lebih panjang dari panjang gelombang cahaya tampak), sementara Teleskop Hubble mengkhususkan diri dalam panjang gelombang ultraviolet (yang lebih panjang dari panjang gelombang cahaya tampak).

3. Ukuran cermin

Menurut spesifikasi NASA, cermin Teleskop Hubble terbuat dari kaca dan dilapisi aluminium. Beratnya hampir satu ton (828 kilogram). Sementara cermin JWST sebagian besar terdiri dari berilium, zat ringan tapi tahan lama, membuat cermin yang jauh lebih besar, jauh lebih ringan, dengan berat 46 pon (21 kilogram).

Cermin-cermin ini dibuat dengan jelas agar sesuai dengan misi teleskop. Mereka juga menunjukkan tanda yang jelas dari kemajuan teknologi yang telah dibuat dari waktu ke waktu. Cermin JWST jauh lebih ringan, tetapi memiliki lebih banyak manfaat.

4. Durasi orbit

Teleskop Hubble pada awalnya diharapkan hanya memiliki orbit rendah bumi selama 15 tahun, tetapi ketika ia memasuki tahun ke-33, laman Astronomy.com mencatat bahwa ia bisa memiliki lebih banyak tahun lagi. Durasi yang lama ini kemungkinan karena servisnya saat berada di orbit serta keamanannya yang relatif lebih dekat ke bumi.

JWST dikirim lebih jauh ke luar angkasa, dengan perkiraan durasi orbit 10 tahun. Setelah hanya delapan bulan di luar angkasa, tidak ada yang tahu apakah JWST akan bertahan lama, atau lebih lama seperti Teleskop Hubble.

5. Jarak yang dapat dilihat

Teleskop Hubble telah menangkap beberapa foto luar angkasa yang luar biasa pada masanya. Terlepas dari pencapaian ini, gambar pertama JWST telah mengalahkan persaingan mengenai rentang dan detail ruang. Struktur terbaru JWST memungkinkannya untuk mencari jauh ke luar angkasa, konon kembali ke "galaksi balita".

Pada dasarnya, foto-foto JWST selangkah lebih jauh ke masa lalu, semakin jauh teleskop dapat melihat, semakin tua cahaya bintang atau galaksi yang ditemukannya. Ini mungkin harta karun berupa konten, tetapi gambar pertama JWST sungguh sangat mencengangkan.

6. Penempatan

Perbedaan besar antara dua raksasa ilmu ruang angkasa adalah penempatannya. Teleskop Hubble telah berada di orbit rendah bumi selama lebih dari tiga dekade, sedangkan JWST telah menghabiskan delapan bulan pertamanya di luar orbit bumi. Teleskop Hubble mengorbit hampir 570 kilometer dari bumi, JWST mengorbit lebih dari satu juta kilometer dari bumi.

7. Penglihatan inframerah

Teleskop Hubble mengutamakan penglihatan ultraviolet, dan penglihatan inframerahnya telah membuat perkembangan besar dalam penelitian sebelumnya. Mengetahui hal ini, NASA melaporkan bahwa JWST telah secara signifikan dimuat di depan, dengan teknologi inframerah untuk menangkap lebih banyak cahaya dan rentang ruang angkasa yang lebih baik.

Dengan penglihatan inframerah yang jauh lebih banyak, JWST mampu mendokumentasikan cahaya galaksi dan bintang yang lebih tua yang bahkan mungkin tidak dicatat oleh Teleskop Hubble dengan teknologinya.

8. Perawatan

Karena orbitnya yang rendah, Teleskop Hubble telah dijaga oleh astronaut saat masih mengorbit. Meskipun pada awalnya ini mungkin terdengar seperti kerugian saat membuat JWST, namun JWST lebih kepada merupakan aset. JWST dibangun sedemikian rupa sehingga tidak memerlukan servis yang sering, dan oleh karena itu tidak perlu menghentikan orbitnya untuk diperbarui.

9. Jangkauan temuan

Mungkin perbedaan paling keren antara kedua teleskop adalah Teleskop Hubble mampu menangkap galaksi-galaksi mengagumkan yang berusia beberapa tahun cahaya, sementara JWST diyakini oleh NASA memiliki kemampuan untuk melihat beberapa galaksi dan bintang pertama yang ada. Ini adalah hasil dari cermin raksasa dan kemampuan menangkap cahaya, serta durasinya di luar angkasa.

Teknologi dan temuan JWST bisa menjadi inspirasi untuk film hebat dan realistis lainnya tentang perjalanan ruang angkasa. Sampai saat itu, orang-orang di bumi harus puas dengan pekerjaannya yang luar biasa dalam mencari galaksi pertama yang ditawarkan alam semesta.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement