Rabu 08 Jun 2022 07:00 WIB

Cara Jitu Cegah Anak Terserang Hepatitis Akut

Penyakit ini juga menular melalui saluran pencernaan dan pernapasan.

Anak sakit (ilustrasi)
Foto: www.piqsels.com
Anak sakit (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --- Belum lama ini ditemukan kasus penyakit hepatitis akut yang menyerang anak-anak usia 1 bulan hingga 16 tahun di Eropa, Amerika serta Asia. Bahkan, penyakit tersebut telah ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO). Penyakit ini pun telah ditemukan di Indonesia.

Penderitanya mengalami gejala seperti mual, muntah, diare berat, demam, kuning, kejang, dan penurunan kesadaran. Penyakit ini juga menular melalui saluran pencernaan dan pernapasan.

Untuk mencegah tertular penyakit ini, para orang tua perlu meningkatkan kewaspadaan dan pencegahan dengan menggiatkan pola hidup sehat dan bersih. Biasakan anak untuk selalu cuci tangan setelah memegang atau melakukan aktivitas karena banyak virus dan bakteri yang menempel di telapak tangan.

Jangan lupa untuk memperhatikan makanan yang dimakan anak-anak dengan cara memasak makanan hingga matang dan sebelumnya cuci bahan makanan hingga bersih. Alat makan yang digunakan juga tidak boleh bergantian dengan orang lain guna menghindari penularan penyakit.

 

Baca juga : Peneliti Kategorikan 100 Gejala Long Covid, Penyebabnya Belum Diketahui Pasti

Selain itu, perlu juga mempersiapkan vitamin atau meminum suplemen yang berbahan herbal untuk menjaga daya tahan tubuh dan yang tidak menimbulkan efek samping bagi anak, seperti suplemen Herbamuno+.

Herbamuno+ merupakan produk inovasi suplemen herbal dari Mustika Ratu dalam bentuk tablet yang dapat dikonsumsi seluruh masyarakat, mulai dari anak-anak hingga dewasa (lansia).

Di dalam satu tablet Herbamuno+ terkandung lima bahan herbal, yaitu sambiloto, jahe emprit, akar manis, meniran, dan daun jambu mete.

Daun meniran sendiri dipercaya dapat menyembuhkan penyakit yang berkaitan dengan saluran empedu serta berkhasiat dalam menurunkan jumlah virus hepatitis B dalam darah. Daun ini juga sebagai imunomodulator dalam menjaga daya tahan tubuh.

Baca juga : Kasus Hepatitis Akut Bertambah Jadi 25

Daun meniran juga dapat diseduh untuk dikonsumsi. Namun, mengkonsumsi daun ini perlu persetujuan dokter untuk menghindari terjadinya efek samping yang tidak diinginkan.

Lebih praktis, tentu saja dengan mengonsumsi suplemen yang telah diolah dengan takaran yang tepat untuk mendapatkan manfaat dari konsumsi daun meniran seperti produk Herbamuno+.

 

sumber : siaran pers
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Apakah internet dan teknologi digital membantu Kamu dalam menjalankan bisnis UMKM?

  • Ya, Sangat Membantu.
  • Ya, Cukup Membantu
  • Tidak
Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
كَانَ النَّاسُ اُمَّةً وَّاحِدَةً ۗ فَبَعَثَ اللّٰهُ النَّبِيّٖنَ مُبَشِّرِيْنَ وَمُنْذِرِيْنَ ۖ وَاَنْزَلَ مَعَهُمُ الْكِتٰبَ بِالْحَقِّ لِيَحْكُمَ بَيْنَ النَّاسِ فِيْمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ ۗ وَمَا اخْتَلَفَ فِيْهِ اِلَّا الَّذِيْنَ اُوْتُوْهُ مِنْۢ بَعْدِ مَا جَاۤءَتْهُمُ الْبَيِّنٰتُ بَغْيًا ۢ بَيْنَهُمْ ۚ فَهَدَى اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا لِمَا اخْتَلَفُوْا فِيْهِ مِنَ الْحَقِّ بِاِذْنِهٖ ۗ وَاللّٰهُ يَهْدِيْ مَنْ يَّشَاۤءُ اِلٰى صِرَاطٍ مُّسْتَقِيْمٍ
Manusia itu (dahulunya) satu umat. Lalu Allah mengutus para nabi (untuk) menyampaikan kabar gembira dan peringatan. Dan diturunkan-Nya bersama mereka Kitab yang mengandung kebenaran, untuk memberi keputusan di antara manusia tentang perkara yang mereka perselisihkan. Dan yang berselisih hanyalah orang-orang yang telah diberi (Kitab), setelah bukti-bukti yang nyata sampai kepada mereka, karena kedengkian di antara mereka sendiri. Maka dengan kehendak-Nya, Allah memberi petunjuk kepada mereka yang beriman tentang kebenaran yang mereka perselisihkan. Allah memberi petunjuk kepada siapa yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus.

(QS. Al-Baqarah ayat 213)

Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement