Jumat 30 Jul 2021 00:50 WIB

5 Kebiasaan Ini Lebih Buruk dari Minum Soda

Kebiasaan buruk ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Kebiasaan buruk ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.
Foto: Wikimedia
Kebiasaan buruk ini bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Minuman bersoda merupakan minuman tinggi gula dan minim gizi yang populer di berbagai kalangan. Meski memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dinilai menjadi salah satu pendorong utama terjadinya epidemi obesitas di beberapa negara.

Selain obesitas, konsumsi gula berlebih juga dapat meningkatkan risiko penyakit seperti diabetes tipe 2 dan penyakit jantung. Oleh karena itu, kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dianggap buruk bagi kesehatan.

Baca Juga

Akan tetapi, ada beberapa kebiasaan lain yang ternyata memiliki efek lebih buruk bagi kesehatan dibandingkan mengonsumsi minuman bersoda dan patut dihindari. Berikut ini adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut, seperti dilansir EatThis, Kamis (29/7).

Kurang Tidur

Tidur merupakan salah satu aspek yang penting bagi tubuh. Selama tidur, beragam sistem tubuh akan memperbaiki diri, termasuk otak. Kurang tidur kerap berkaitan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, kanker, dan demensia. National Sleep Foundation menyarankan agar orang dewasa dari berbagai rentang usia mendapatkan tidur 7-9 jam per malam.

 

Terlalu Sedentari

Menerapkan pola hidup sedentari atau tak aktif merupakan faktor risiko utama dari beberapa penyakit serius. Sebagian di antaranya adalah demensia, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan kanker. Kabar baiknya, menambahkan sedikit aktivitas fisik di dalam kebiasaan sehari-hari dapat membuat perubahan. Para ahli menyarankan agar aktivitas fisik berintensitas sedang sebaiknya dilakukan selama 150 menit per pekan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement