Sabtu 07 Aug 2021 07:11 WIB

5 Kebiasan yang Bikin Rapuh Tulang dan Sendi

Kerapuhan tulang dan sendi kenyataannya tak identik dengan usia lanjut.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Masalah di bagian tulang dan sendi tak melulu dialami orang lanjut usia.
Foto: flexiseq
Masalah di bagian tulang dan sendi tak melulu dialami orang lanjut usia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masalah sendi dan tulang keropos sering kali dianggap sebagai bagian dari proses penuaan yang normal. Nyatanya, ada cukup banyak lansia yang menua tanpa mengalami masalah-masalah ini.

Penting untuk dipahami bahwa faktor usia saja tak dapat memicu terjadinya masalah sendi dan tulang. Ada beragam faktor lain yang turut berperan dalam menyebabkan terjadinya masalah ini. Salah satu di antaranya adalah gaya hidup.

Baca Juga

Ada beberapa kebiasaan sehari-hari yang ternyata dapat menyebabkan tulang menjadi lebih rapuh dan sendi-sendi bermasalah. Menghindari aneka kebiasaan ini dapat membantu menjaga kesehatan sendi dan tulang, serta membuat hidup menjadi lebih sehat.

Berikut ini adalah lima kebiasaan yang patut dihindari demi kesehatan tulang, seperti dikutip dari Times of India, Sabtu (7/8).

 

Merokok

Kebiasaan menghisap tembakau dapat memproduksi semacam atom bernama radikal bebas di jaringan-jaringan tubuh. Radikal bebas tak hanya buruk bagi paru-paru, tetapi juga tulang. Karena itu, perokok cenderung memiliki tingkat kepadatan tulang yang lebih rendah.

Radikal bebas diketahui dapat membunuh sel-sel yang membangun tulang. Selain itu, merokok juga turut meningkatkan produksi hormon stres kortisol dan menurunkan produksi hormon kalsitonin.

Kortisol merupakan hormon yang dapat menurunkan "stok" tulang di dalam tubuh. Sebaliknya, kalsitonin merupakan hormon yang berperan menjaga "stok" tersebut.

Kurang aktif

Individu yang tak aktif bergerak lebih berisiko mengalami pengeroposan tulang yang lebih cepat. Alasannya, kontraksi otot yang terjadi ketika seseorang bergerak turut berperan dalam memperkuat tulang.

Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa olahraga sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Salah satu jenis olahraga yang dianjurkan untuk menunjang kesehatan tulang adalah latihan angkat beban atau berjalan cepat.

Konsumsi banyak alkohol

Minuman beralkohol dapat meningkatkan produksi kortisol di dalam tubuh yang kemudian bisa memicu kehilangan "stock" tulang. Alkohol juga diketahui menurunkan kadar testosteron dan estrogen di dalam tubuh. Kedua hormon ini berperan penting dalam memelihara kesehatan tulang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement