Ahad 19 Jul 2020 10:26 WIB

6 Makanan yang Perlu Dikonsumsi Lebih Sering oleh Pria

Laki-laki terkadang kurang mengonsumsi makanan dan nutrisi tertentu yang dibutuhkan.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Qommarria Rostanti
Kentang (ilustrasi)
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Kentang (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Laki-laki dan perempuan pada dasarnya tak perlu menjalani pola makan berbeda. Akan tetapi, laki-laki terkadang kurang mengonsumsi makanan dan nutrisi tertentu yang sebenarnya dibutuhkan dalam pola makan mereka.

Setidaknya ada enam jenis makanan yang perlu lebih sering dikonsumsi oleh laki-laki. Berikut ini adalah keenam makanan tersebut seperti dilansir di laman Men's Health, Ahad (19/7):

1. Kacang Hitam

Beragam studi mengungkapkan bahwa asupan protein dari makanan berbasis tumbuhan dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Akan tetapi, banyak laki-laki yang masih menghubungkan daging dengan kesehatan.

Konsumsi black bean atau kacang hitam dapat membantu meningkatkan asupan protein nabati. Satu porsi sajian kacang hitam mengandung sekitar 9 gram protein. Selain itu, kacang hitam juga kaya akan resisten pati yang dapat menyeimbangkan dampak dari pola makan yang tinggi asupan daging.

2. Makarel

Studi terbaru mengungkapkan konsumsi minyak ikan berkaitan dengan jumlah sperma yang lebih tinggi pada laki-laki muda. Meski bisa didapatkan dari suplemen, minyak ikan juga bisa didapatkan langsung dari makanan seperti ikan makarel atau salmon. Ikan ini juga kaya akan vitamin D yang berkaitan dengan produksi testosteron dan pemeliharaan massa otot.

3. Pasta cokelat

Tak sedikit laki-laki yang mengonsumsi serat di bawah kebutuhan harian, yaitu sekitar 30 gram per hari. Padahal, serat bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan dan menjaga kadar kolesterol. Salah satu sumber serat yang juga lezat adalah pasta cokelat atau pasta gandum utuh. Pasta gandum utuh mengandung 6,5 gram serat per satu porsi sajian.

4. Buah beri

Konsumsi buah beri cenderung lebih identik dengan perempuan. Padahal tak ada aturan gender dalam mengonsumsi makanan. Buah ini juga bagus untuk dikonsumsi oleh laki-laki karena kaya akan serat dan antioksidan. Buah beri juga rendah karbohidrat dan gula dibandingkan kebanyakan buah.

5. Kenari

Studi mengungkapkan, laki-laki sehat yang mengonsumsi 75 gram kacang kenari per hari selama 12 pekan mengalami perbaikan dalam vitalitas dan motilitas spermanya. Abnormalitas sperma pun tampak lebih rendah tanpa adanya perubahan berat badan. Selain itu, kacang kenari juga mengandung lemak sehat dan kaya akan mineral penting untuk menjaga fungsi otot yang sehat.

6. Kentang

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan masalah kesehatan yang cukup umum dialami laki-laki. Selain mengatur asupan garam, sebuah studi mengungkapkan peningkatan asupan mineral kalium juga dapat membantu mengatasi masalah ini. Satu buah ubi dapat memenuhi kebutuhan kalium sebesar 20 persen dari kebutuhan harian. Sedangkan kentang biasa dapat memenuhi sekitar 26 persen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement